Salama' Sitammu!

Kuliah S2/S3 Mahal? Kan ada Beasiswa

      Halo PERMATALong time no see, do you still exist ? heheheh. Pastilah yah, tetap berdiri dan semakin keren. Hmhmhm di sesi kali ini saya ingin berbagi informasi buat teman-teman Permata yang berencana untuk melanjutkan studi program magister S2 atau Doktor S3 di dalam/luar negeri dengan beasiswa penuh dari pemerintah (kementerian). Perkenalan dulu lah yah, Saya Ishak Pawarangantu ada fotonya >>  ) , alumni fisika, Universitas Negeri Manado dan sekarang sedang melanjutkan program magister dengan beasiswa LPDP (beasiwa yang saya akan bagikan infonya ) di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Program Studi S2 Ilmu Fisika konsentrasi Fisika *Material dan Instrumentasi Elektronik (*material disini bukan bahan bangunan yah hehehehe kayak semen pasir dkk itu, sekali  lagi bukan).
    Jenis beasiswa kali ini yang saya ingin bagikan adalah beasiswa yang juga saya dapatkan sekarang namanya beasiswa LPDP ( Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ). Beasiswa ini dikelola oleh Kementerian Keuangan, walaupun sejatinya beasiswa ini berada dalam naungan bebebapa kementerian yakni Kementerian Keuangan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sementara itu, Dewan Penyantun terdiri dari Menteri Keuangan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, serta Menteri Agama.
     Sebenarnya LPDP (nama pendeknya si Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ) mengelola beberapa jenis beasiswa untuk semua putra putri Indonesia. LPDP sendiri berdiri di bawah kementerian keuangan guna mengelola dana abadi pendidikan untuk pembiayaan program-program pendidikan seperti :
1.      Beasiswa Magister dan Doktor / Reguler
2.      Beasiswa Tesis dan Disertasi
3.      Beasiswa Afirmasi
4.      Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis
5.      Beasiswa Presiden / Presidential Scholarship
Sebelum masuk persyaratan dan prosedur pendaftarannya, ini loh semua komponen pembiayaan yang dibiayai oleh beasiswa LPDP ini
a.      Biaya Pendidikan
1.      Pendaftaran (at cost),
2.      SPP: bantuan Operasional Pendidikan, penyelenggaraan di rumah sakit pendidikan, pelatihan kursus wajib, karya ilmiah, ujian ketrampilan, praktikum klinik, dan matrikulasi non bahasa (at cost),
3.      Non-SPP, yang dapat digunakan untuk tunjangan buku (per tahun), tesis/disertasi (paket), seminar (paket), publikasi (at cost), wisuda (at cost) dan ujian nasional (paket).

b.      Biaya Pendukung
 1.      Transportasi keberangkatan dan kepulangan studi dari asal domisili ke perguruan tinggi tujuan (satu kali, at cost),
2.      Asuransi kesehatan dasar,
3.      Hidup bulanan/living allowance (paket),
4.      Tunjangan keluarga (dependant) maksimal untuk 2 orang (paket),
5.      Kedatangan/settlement allowance (paket),
6.      Keadaan darurat/force majeure yang disetujui LPDP

      Nah sekarang kita bahas persayaratannya, Beasiswa LPDP ini mengcover semua jurusan dan tidak terbatas pada latar belakang universitas negeri atau swasta. Secara umum dokumen-dokumen yang teman-teman harus punya adalah
a.       Telah mendapatkan izin dari atasan bagi yang sedang bekerja;
b.      Surat keterangan berbadan sehat dan bebas narkoba (untuk semua pelamar tujuan dalam negeri serta luar negeri) dan untuk tujuan ke luar negeri ditambah dengan bebas TBC yang dinyatakan oleh dokter dari Rumah Sakit Pemerintah;
c.       Telah mendapatkan rekomendasi dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja, atau rekomendasi dari atasan bagi yang sedang bekerja; (kalau sedang kuliah boleh dari dosen)
d.      Memiliki dan memilih bidang keilmuan yang sesuai dengan bidang keilmuan yang menjadi sasaran LPDP;
e.       Memilih program studi dan Perguruan Tinggi yang sesuai dengan ketentuan LPDP;
f.       Menulis essay (500 sampai 700 kata) dengan tema:
·    Kontribusiku Bagi Indonesia: kontribusi yang telah, sedang dan akan saya lakukan untuk masyarakat /lembaga / instansi / profesi komunitas  saya
·      Sukses Terbesar dalam Hidupku
g.      Menyerahkan Surat Kelakuan Baik/ Suat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dibawa pada waktu seleksi wawancara;

2. Persyaratan Khusus
Pelamar beasiswa untuk studi lanjut program Magister dan program Doktoral adalah
mereka yang memenuhi ketentuan berikut ini.
A.    Untuk pelamar beasiswa program Magister:
1.      Usia maksimum pelamar pada 31 Desember di tahun pendaftaran adalah 35 (tiga puluh lima) tahun,
2.      Telah menyelesaikan studi pada program sarjana/sarjana terapan dan tidak berlaku bagi mereka yang telah menyelesaikan program magister baik dalam maupun luar negeri.
3.      Mempunyai Letter of Acceptance (LoA) Unconditional dari Perguruan Tinggi tujuan yang ada dalam daftar LPDP.
4.      Jika tidak memiliki LoA Unconditional (a.3), pendaftar wajib memiiki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimum 3,00 pada skala 4 dan memiliki dokumen resmi bukti penguasaan bahasa Inggris yang diterbitkan oleh ETS (www.ets.org) atau IELTS (www.ielts.org) yang masih berlaku atau bahasa asing lainnya yang ditentukan LPDP:
·         Untuk studi program Magister di dalam negeri, skor minimal: TOEFL ITP® 500/iBT® 61/IELTS™ 6,0/TOEIC® 600.
·         Untuk studi program Magister di luar negeri, skor minimal: TOEFL ITP® 550/TOEFL iBT® 79/ IELTS™ 6,5/TOEIC® 750.  
·         Butir a) dan b) dikecualikan bagi mereka yang menyelesaikan pendidikan tinggi yang menggunakan bahasa pengantar akademik bahasa Inggris atau bahasa internasional yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Duplikat ijasah digunakan sebagai pengganti persyaratan TOEFL, dengan masa berlaku 2 (dua) tahun sejak ijasah diterbitkan. Untuk studi program Magister di luar negeri pada Perguruan Tinggi yang bahasa pengantar akademiknya non-bahasa Inggris atau bahasa internasional yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dapat menyesuaikan dengan persyaratan kemampuan bahasa yang berlaku. 
5.      Jadwal rencana perkuliahan dimulai paling cepat 6 (enam) bulan setelah penutupan pendaftaran di setiap periode seleksi.
6.      Sanggup menyelesaikan studi program magister sesuai masa studi yang berlaku, paling lama 2 (dua) tahun,
7.      Memiliki dokumen resmi TPA/GRE/GMAT/LSAT (jika ada),
8.      Menulis rencana studi sesuai program studi magister pada perguruan tinggi tujuan.

Untuk persyaratan program doktor hampir sama perbedaannya hanya di kemampuan bahasa inggris
a.    Usia maksimum pelamar pada 31 Desember di tahun pendaftaran adalah 40 (empat puluh) tahun;
b.    untuk studi program Doktoral di dalam negeri, skor minimal TOEFL ITP® 500/iBT® 61/IELTS™ 6,0/TOEIC® 600.
c.    Untuk studi program Doktoral di luar negeri, skor minimal: TOEFL ITP® 550/TOEFL iBT® 79/ IELTS™ 6,5/TOEIC® 750. 

Satu hal yang pengen ditekankan JANGAN PERNAH MEMALSUKAN data atau dokumen. Jika terjadi maka anda dinyatakan gugur dan tidak berhak mendaftar lagi di LPDP (dimasukkan dalam daftar hitam/blacklist) dan kemampuan bahawa inggris ada yang pakai minimal TOEFL ITP 400 untuk afirmasi ( baca beasiswa LPDP Afirmasi )

Itu tuh sekilas tentang persyaratannya mungkiin ada beberapa persyaratan yang tidak sempat saya tuliskan, boleh kok buka website resmi beasiswa LPDP di www.lpdp.kemenkeu.go.id atau tanyakan langsung di bagian komentar nanti di jawab kok.

Satu lagi, secara umum proses seleksinya itu ada beberapa tahap


Yang paling banyak ditanyakan oleh orang-orang, yang seleksi substantif itu kayak gimana ? LGD itu apa ? On the spot essay writing ?

a.       Jadi seleksi substantif itu adalah tahapan seleksi kedua setelah anda dinyatakan lulus seleksi administrasi ( ya iyalah udah jelas kok di bagan atas hehehehe). Gini, setelah anda dintayakan lulus administrasi, anda akan mendapatkan e-mail pemberitahuan untuk kapan dan dimana seleksi wawancara akan dilaksanakan ( saat mengisi pendaftaran nanti, anda akan disuruh memilh sendiri tempat wawancara anda di beberapa kota besar di indonesia ),
-       Wawancara, tahapan ini anda akan masuk dalam sebuah ruangan dan akan diwawancarai oleh 3 orang ( 2 orang profesional sesuai dengan bidang anda, dan 1 lagi psikolog (jadi ketahuan kalau anda ngarang cerita alias bohong saat wawancara )). Wawancara nya sekitar 3 essay yang anda buat dan wawancaranya bisa full bahasa inggris , full bahasa indonesia atau dicampur tergantung pewawancaranya minta apa.
-       LGD (Leaderless Grup Discussion (LGD) itu adalah semacam diskusi terdiri sekitar 8 orang dan anda akan diberikan 1 topik dan tidak ada pemimpin diskusi ( bigung ? nanti dijelaskan dilain kesempatan).
-       On the spot essay writing, anda akan disuruh membuat sebuah essay dalam waktu yang ditentukan dan topiknya akan dibagikan dan anda memilih 1 dari beberapa topik ( kalau tidak salah ada 3 topik yang ditawarkan). Topiknya seputar isu-isu terhangat

Itu dulu yah, semoga bermanfaat buat kalian. Kalau liat persyaratan dan prosesnya kayak ribet dan rumit tapi kembali ke masing-masing orang. Kalau punya niat yang besar bisa kok dan pastinya tetap andalkan Tuhan ( God is awesome all the time ). See you dan sukses untuk studinya teman-teman di tondano ( yang tinggal perum air sudah lancar ? hehehehe )
Share this post :

Posting Komentar

Visi

"Menciptakan kehidupan sejahtera,
adil, mandiri, dan demokrasi
menuju terciptanya persaudaraan sejati."

Misi

"Meningkatkan Intelektualitas, Moralitas, Spiritualitas, Solidaritas, Kepedulian Sosial, Kehidupan Berogranisasi, Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara."

REKENING


No Rek : 5240-01-004800-53-2
A/N : PERHIMPUNAN MAHASISWA TORAJA DI TONDANO

Paling Sering di Baca

 
Support : Langkah Yusri | PITOR Clothing
Copyright © 2013 - 2019. PERMATA di TONDANO - All Rights Reserved
Admin by PERMATA di Tondano
Proudly powered by Langkah Yusri