Salama' Sitammu!

Pentas Seni dan Budaya Organisasi mahasiswa Tondano


Pentas Seni dan Budaya Organisasi mahasiswa Tondano
Para Pimpinan Organisasi Kemahasiswaan Di Tondano, Minahasa
               

              Tondano - Manusia adalah mahluk sosial, maka dengan itu beberapa organisasi  yang ada di Minahasa bekerja sama dan menggelar Pentas Seni dan Budaya (11/10) yang bertempat di Asrama Kamasan Putra (Patar).


            Selain dari turun ke jalan dalam mengadakan aksi solidaritas penggalangan dana untuk saudara-saudara kita yang ditimpah bencana alam berupa gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan sekitarnya, aliansi mahasiswa yang ada di minahasa berfikir bahwa dengan mengadakan Pentas Seni dan Budaya, kita jg bisah membantu saudara kita tersebut yakni dengan menjual tiket pentas seni dan budaya, kemudian seluruh hasil penjualan tiket tersebut akan di salurkan ke korban bencana. Dalam pentas Seni dan budaya ini, masing-masing organisasi menampilkan budayanya dalam bentuk tarian dan pertunjukan lainnya, salah satunya adalah tarian dari Toraja. Tema yang diangkat dalam Pentas Seni dan Budaya ini yaitu “ Merawat Luka, Merajut Asa”.



            Dari berbagai organisasi yang bergabung, sambutan diwakili oleh Indra Ngangi selaku ketua umum KMK Unima periode 2018-2019. Di dalam sambutannya dia menegaskan bahwa dengan mengadakan kegiatan Pentas seni dan Budaya ini memang tujuan utama adalah untuk membantu saudara-saudara di Palu,Donggala dan sekitarnya tetapi juga dengan adanya kegiatan ini rasa kekerabatan antar organisasi dapat terjalin dengan baik tanpa perbedaan.”Kita yang ada di Minahasa khususnya di Tondano adalah Indonesia mini yang di dalamnya terdapat berbagai perbedaan suku, agama dan budaya maka dengan kegiatan inilah kerukunan dapat dijaga dengan baik” tegasnya.

Tonton Trailernya :



            Awal cikal bakal pemikiran direncanakannya kegiatan ini, bermula dari ide ketua umum KMK yang kemudian disampaikan ke beberapa organisasi melalui ketua-ketua organisasi. Saya selaku ketua Permata menerima ajakan tersebut dan menyampaikan ke rekan-rekan pengurus dan memutuskan untuk bergabung. Hal seperti ini adalah kesempatan yang begitu bagus untuk saling mengenal,menjaga keakraban dan bisah bekerja sama dengan organisasi lain, bukan hanya sampai dikegiatan ini saja tetapi jg kedepannya. Adapun tarian yang ditampilkan yakni tarian Ma’badong dan kontemporer. Tarian ini dilatih hanya dalam waktu singkat, tetapi karna adanya kerja sama dari bidang minat dan bakat, senior selaku pelatih serta rekan-rekan yang lain dan akhirnya bisah ditampilkan dengan maksimal.

            Aksi solidaritas ini digerakkan oleh beberapa organisasi yang ada di Minahasa seperti :

  1.  Ikatan Mahasiswa Indonesia Papua ( IMIPA Tondano)
  2. Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia ( HMDI Unima )
  3.  Perhimpunan Mahasiswa Toraja (PERMATA) di Tondano
  4. Ikatan Mahasiswa Karo Tenah Perburu (IMKA Unima)
  5. Ikatan Kerukunan Mahasiswa Batak Indonesia (IKMBI Tondano)
  6. Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cab. Tondano Santo Paulus
  7. Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) santo Petrus Unima
  8. Keluarga mahasiswa Maluku Tenggara (KMMALRA) di Sulut
  9.  Forum Komunikasi Mahasiswa Tidore Kepulauan (FKMTK Tondano)
  10. Sanggar Seni Tetengkoren Fekon Unima.

Pentas Seni dan Budaya Organisasi mahasiswa Tondano
Tarian Adat Toraja, Menceritakan Kedukaan bagi saudara di Palu dan Donggala (Oleh PERMATA Tondano)

    Kegiatan ini berlangsung mulai dari pukul 18.00 – 21.30 WITA. Do’a pembuka dipimpin oleh perwakilan dari MHDI (dalam agama Hindu) kemudian dilanjutkan dengan tampilan tarian, band, orasi, ditutup dengan menyanyikan lagu Gebyar Gebyar dalam posisi bergandengan tangan yang menandakan adanya kebersamaan di tanah rantau.Do’a penutup dipimpin oleh perwakilan IKMBI (dalam agama Muslim).


Share this post :

Posting Komentar

Visi

"Menciptakan kehidupan sejahtera,
adil, mandiri, dan demokrasi
menuju terciptanya persaudaraan sejati."

Misi

"Meningkatkan Intelektualitas, Moralitas, Spiritualitas, Solidaritas, Kepedulian Sosial, Kehidupan Berogranisasi, Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara."

REKENING


No Rek : 5240-01-004800-53-2
A/N : PERHIMPUNAN MAHASISWA TORAJA DI TONDANO

Paling Sering di Baca

 
Support : Langkah Yusri | PITOR Clothing
Copyright © 2013 - 2019. PERMATA di TONDANO - All Rights Reserved
Admin by PERMATA di Tondano
Proudly powered by Langkah Yusri